PlotHole


Materi hari ini adalah soal Plot Hole alias Lubang di Plot, tapi karena kalau di bahasa Indonesia jadinya kepanjangan, saya bakal tetep pake istilah Plot Hole.

Apa itu plothole?

Plothole adalah gap dalam cerita dimana beberapa hal tidak terjadi tanpa penjelasan yang jelas. Tentu saja tidak semua orang bisa mendeteksi atau terganggu dengan adanya Plothole. Namun plothole ini bisa membuat pembaca jadi tidak bisa percaya pada cerita yang anda buat.
Bentuk-bentuk Plothole?
·         Karakter mengetahui hal yang tidak pernah disebut sebelumnya, atau sebaliknya, Karakter tidak mengetahui hal yang sudah ia pelajari beberapa bab yang lalu.
·         sebuah kejadian tidak secara logika, mengikuti apa yang terjadi sebelumnya.
·         Karakter menghindari atau mengabaikan solusi yang jelas untuk masalah mereka.
·         Sebuah kejadian yang bertentangan dengan kejadian lain.

Alasan pothole terjadi?
·         penulis benar-benar ingin menulis kejadian tertentu meski kejadian tersebut tidak cocok dengan keseluruhan cerita.
·         Penulis lupa pada apa yang ia tulis sebelumnya dan menulis adegan yang bertentangan dengan kejadian sebelumnya.
·          penjelasan plothole tidak dimasukkan karena batas waktu atau kata.

Kesimpulan?

Plothole adalah kontradiksi/pertentangan yang terjadi dalam cerita/fanfic yang kamu tulis. Meskipun apa yang kamu tulis tidak nyata dan berbeda jauh dengan dari dunia nyata, Cerita tersebut tetap harus tetap konsisten mengikuti peraturan yang penulis buat sendiri.

Bagaimana mengatasi Plotholes?

1. Selidiki penyebab sebuah kejadian.
Seperti hukum newton ketiga, jika ada reaksi maka harus ada aksi. Perlu terjadi situasi A untuk terjadinya situasi B dan saat kamu merasa bahwa situasi A tidak memuaskan, maka kamu harus segera memperbaikinya.

2. Selidiki fakta

Katakanlah karakter terjebak di suatu tempat; mereka harus kabur, tapi tidak bisa. Kenapa tidak bisa? Fakta-fakta inilah yang perlu kamu identifikasi dan memilah mana yang perlu kamu ubah.

3. Jangan sembunyikan fakta, tambahkan mereka.
Kunci penting disini adalah kamu harus ingat bahwa penulis bisa melakukan time travel kemanapun dan memberikan sumber daya bagi karaktermu untuk menghadapi situasi di masa depan. Maka lakukanlah.

Misalnya saja kamu menulis bahwa Naruto sudah tidak memiliki tangan kanan sehabis perang pada chapter 1 misalnya. Dan di chapter 5 kamu menuliskan bahwa Naruto menerima kusanagi Sasuke dengan kedua tangannya..

Nah sebuah plothole telah terbentuk.
Jangan pernah abaikan fakta dalam ceritamu karena pembaca tak akan mengabaikannya. Plotholes muncul saat penulis tidak bisa melihat lebih dari satu kejadian. Pikirkan ceritamu sebagai sebuah buku utuh dan kamu akan menemukan kamu bisa menyelesaikan masalah jauh sebelum masalah itu terjadi.

PERATURAN TERPENTING!!!

"Lho! tapi ini cerita fantasi, jadi nggak logis nggak papa dong?"

Nggak sama dengan dunia nyata? nggak masalah. Nggak logis? jelas nggak boleh.

Saat kamu membuat cerita/fanfiction, kamu menciptakan segala elemen sendiri dan kamu menciptakan dunia sendiri. Maka, kamu harus menuruti logika dan peraturan yang kamu ciptakan serta masuk akal di pikiran pembaca (kecuali pembaca kamu alien, in which case, mereka nggak tahu gimana logika manusia bekerja).

Nah bagaimana apa masih ada yang bingung dengan masalah perihal plothole di atas? Jika ada silahkan tanyakan di kolom komentar di bawah.

Kurasa cukup ane ngoceh gak jelasnya. See you next time & keep writing..


Oleh : DiwarX

Share this article :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "PlotHole"