Membuat adegan pertarungan yang seru!!


Hay guys. Ketemu lagi dengan saya :v. Pada postingan kali ini saya akan membahas tentang membuat adegan pertarungan dalam fanfiction maupun novel action. Apa saja sih yang perlu diperhatikan dalam membuat sebuah adegan pertarungan yang mebuat pembaca serasa ingin mukul monitor maupun banting hpnya. Baiklah yang pertama :

1. Plot!
Sebuah adegan pertarungan dan aksi itu ditulis bukan cuma untuk membuat cerita hidup, melainkan juga membuat plot keseluruhan berjalan ke dapan dan memberikan banyak hint pada cerita. Dari sudut pandang karakter, bisa saja kita memberikan apa sih yang dipertaruhkan dalam cerita ini, apa hasilnya, kematiankah? atau bahaya bahaya lain? di sini, adegan bertarung juga harus memiliki peran dalam plot.

2. Pamer kekuatan
Apakah duniamu ini dihuni oleh vampire atau malaikat? kalau iya, bagaimana sih kekuatan mereka? Informed abbility atau kekuatan yang cuma disebut saja itu lemah buat plot cerita, maka salah satu cara untuk menunjukkan kekuatan apa yang dimiliki seorang karakter dan seberapa kuat dia bisa digali
lebih dalam lewat adegan pertarungan. Pun bukan berarti manusia biasa tidak bisa pamer kekuatan di sini. Bukankah manusia sudah menemukan berbagai cara untuk bela diri?

3. Pemetaan pertarungan
Yak, tentu saja membuat adegan pertaungan yang seru adalah hal sulit. maka kita harus merencanakan bagaimana sih pertarungan berjalan agar bisa membuat pembaca ikut merasakan tensi dalam cerita.
Salah satu jalan adalah buat karaktermu lemah, buat dia hampir mati atau hampir kena setiap serangan lawan. Buat dia kehabisan pilihan, terdesak dan mulai panik serta ketakutan. Saat itulah karaktermu bisa mengembangkan kekuatan barunya. Bukan berarti karakter yang sudah kuat sejak awal itu jelek saat dibuat adegan bertarung. Semakin kuat karaktermu, membuat pertarungan yang seru juga semakin susah. Bukankah memenangkan pertarungan dalam satu kali serangan itu tidak seru?

4. pelajari senjata dan alira bela diri serta kosakata yang digunakan
Ya, ini bukan hal yang wajib. Tapi akan sangat berguna jika kamu mengetahui kosakata yang akan kamu gunakan. Aliran bela diri Karate yang saya pelajari bukan cuma tendangan dan pukulan saja, karena itu semakin banyak kosakata yang kamu pakai, narasi akan jadi makin bewarna dan tidak monotone. Begitu pula dengan senjata. Senjata apapun perlu riset yang ketat saat ditulis sebagai adegan pertarungan. Panjang bilah
pedang misalnya, dan apakah masuk akal melemparkan pedang dan langsung mengenai jantung lawan dalam jarak 5m?

5. Perdalam karakter lewat adegan pertarungan
Sesuatu yang tricky, tapi sangat menarik. Adegan pertaungan yang seru bukan cuma mengedepankan kekerasan dan persenjataan, melainkan juga menunjukkan bagaimana karaktermu yang sesungguhhnya. Spider-man misalnya terkenal dengan bagaimana dia berbicara dan mengejek lawannya selama dia bertarung. Ada juga batman yang tidak banyak bicara dan fokus pada melumpuhkan lawan. Hal ini bisa mencerminkan seperti apa sih karaktermu ini.
6. Buat setiap pertarungan unik.
Kalau kalian sudah nonton RWBY, maka di sana kamu akan menemukan bahwa setiap pertarungan memiliki ciri khas, tidak pernah menggunkana trik yang sama. Ini yang menjadi patokan saya dan ini adalah salah satu hal yang membuat pembaca mengenang ceritamu lebihlama.

7. Biarkan pembaca berimajinasi
Kalau kamu mendeskripsikan setiap aksi dalam pertarungan, bisa saja kamu mebuat pembaca bosan dan membuat pace ceritamu berantakan. Jadi jangan terlalu detail menggambarkan adegan pertarungan, biarkan pembaca berimajinasi dengan kerangka adegan pertarungan yang sudah kamu buat. Kalau kamu berpikir bhwa kekerasan adalah dialog, maka pertarungan adalah percakapan yang dilakukan lewat kata-kata sementara konflik sebenarnya terjadi di hati setiap karakter.

8. Buat lawanmu kompeten.
Bukan hanya kamu perlu membuat karaktermu menarik, tapi buat juga lawanmu menarik. Tak akan menarik kalau karakter utama selalu lebih baik dari lawannya. Lawan yang bisa dihormati dan disegani akan membuat adegan pertarungan lebih menarik. Sementara itu kroco tak punya otak biasanya bisa dikalahkan
dengan cepat dan itu membosankan. Jangan lupa selalu gunakan kejutan dari lawan.

9. Buat seperti kenyataan
Petarung sungguhan tak akan membuat pidato panjang lebar ke satu sama lain. Di dunia nyata, saat adrenalin ditekan, orang tak akan punya energi untuk mengatakan kalimat kalimat keju dan pidato pidato yang membuat lawan tobat. Mengatai dan menantang itu wajar. Saat seseorang ditendang di rahang, kebanyakan orang akan menahannya seakan tidak terjadi apa-apa. Saat karaktermu dipukul, pastikan bahwa pembaca juga merasakan
pukulannya.

10. Tunjukkan hasil dari pertarungan
Saat pertarungan selesai, apakah karaktermu terluka? berdarah? adalah tangan yang patah? kalau ada, bagaimana dengan petarung lain? kalau karaktermu jalan kayak nggak terjadi apa-apa, berarti patut dipertanyakan karaktermu itu manusia apa robot :v .
Nah bagaimana apa masih ada yang bingung dengan masalah “bagaimanasih penulisan adegan pertarungan yang seru” di atas? Jika ada silahkan tanyakan di kolom komentar di bawah.
Kurasa cukup ane ngoceh gak jelasnya. See you next time & keep writing..


Oleh : DiwarX


Share this article :
+
Previous
Next Post »
2 Komentar untuk "Membuat adegan pertarungan yang seru!!"

saya senang jika postingan saya dapat membantu :)